Perang Antar Bangsa Jin Menurut Ahli Hadits



Iblis ingin berpartisipasi dengan para Malaikat untuk membunuh para Jin yang korop di bumi dan Allah Azzah wa Jalla memberikan dia izin. Tiba-tiba Allah berfirman kepada para Malaikat. Dan Dia berfirman, "Aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi."

Iblis adalah mahluk Tuhan. Iblis adalah bangsa jin. Iblis terbuat dari api sebagaimana yang dikatakan dalam Al-Qur'an. Tapi dari mana Iblis berasal? Dan apakah ada mahluk seperti Iblis sebelumnya? Jadi para mufassirin berkomentar lagi, ini berdasarkan riwayat yang telah kubicarakan sebelumnya. Dan yang Allah Azzah wa Jalla lakukan adalah Dia menciptakan keseluruhan bangsa jin yang berada di bumi dan para mufassirin masa awal berkomentar tentang hal ini, Dia menciptakan bangsa jin di muka buni dan mereka punya taklif.

Apakah itu taklif? taklif berarti Tuhan telah memberikan  tanggungjawab kepada mereka untuk mengenali-Nya. Dan ketika Allah memberi tanggungjawab kepada suatu mahluk, Dia mengirimkan para nabi. Jadi yang Allah lakukan adalah Dia mengirimkan nabi-nabi diantara bangsa jin. Jadi sebelum ada nabi manusia yaitu Adam 'alaihissalam yang merupakan nabi pertama dari manusia, ada banyak nabi dari bangsa jin yang Allah utus kepada  mereka. 

Bangsa jin terbuat dari api yang tak berasap, salah satu hal yang mereka miliki karena berasal dari api adalah mereka selalu marah dan cepat, dan sangat kuat. Sifat dan kualitas yang bangsa jin miliki adalah mereka selalu berperang dan berselisih dan mereka selalu ingin membuktikan siapa yang lebih kuat. Inilah salah satu sifat bangsa jin dan mereka selalu bersemangat untuk menantang. Dan ada jin-jin yang baik. Allah subhanahu wata'ala telah berfirman dalam surat jinn, Dia berfirman tentang dua kelompok jin yang berbeda ada yang solih dan tidak solih. Bangsa jin yang ada di muka bumi terdiri dari dua golongan itu dan para nabi diutus.

Tapi para nabi dari kalangan jin meskipun jumlah mereka banyak, mereka tetap dibunuh oleh bangsa jin di bumi sehingga terjadi kerusakan besar di muka bumi. Dan ada satu jin yang sangat shalih yaitu Iblis, Iblis adalah jin yang baik. Dan dia mulai menyembah Tuhan, menyembah Tuhan, sampai jin bisa terbang dan bisa pergi ke berbagai lapisan langit, mereka bisa pergi naik dan turun. Mereka tidak perlu tetap berada di bumi, mereka bisa terbang. Barulah ketika Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam datang, maka mereka terperangkap di langit  pertama. Hal ini dijelaskan dalam qur'an surat Saffat, dalam surat Jinn kalian juga akan menemukan hal ini, bahwa Allah tidak mengizinkan mereka pergi melewati langit pertama, yaitu akhir dari jagat raya ini. Mereka tidak bisa melaluinya setelah Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam menjadi seorang Rasul. Tapi sebelumnya mereka dapat pergi melintasinya.

Jadi yang terjadi pada perjalanan ini adalah Iblis membuktikan diri bahwa dia begitu dekat dengan Tuhan. Dan Allah Azzahwajalla kemudian mengizinkan dia untuk semakin dekat dan dekat, lebih tinggi dan tinggi dan mereka berkata dalam beberapa riwayat bahwa sampai tidak ada lagi ruang di langit, tidak ada ruang yang luas lagi di langit kecuali Iblis telah kesana dan dia telah menyembah Tuhan. Jadi dia begitu dekat kepada Tuhan. Sampai kemudian Allah mengizinkan dia untuk  menemani para Malaikat untuk membunuh para jin yang melakukan banyak kerusakan di muka bumi. Iblis dan para malaikat membunuh banyak jin dan hanya menyisakan sedikit dari mereka di bumi. Dan dari yang sedikit ini  keturunan jin akan berkembang biak lagi.

Sekarang Iblis kembali. Dan mungkin ratusan tahun, aku tidak tahu tepatnya. karena jin mempunyai umur yang sangat-sangat panjang. Mereka tidak punya umur pendek seperti manusia yang hanya punya umur sekitar 60, 70 atau 100 tahun. Mereka punya ratusan atau bahkan ribuan tahun untuk terus hidup. Dia bersama para malaikat tapi Allah menegaskan bahwa dia bukan malaikat, dia dari bangsa jin. Kenapa Allah menegaskan hal itu, karena kita paham bahwa tidak ada malaikat yang membangkang kepada Allah Azza wa Jalla. Allah telah menjadikan mereka memiliki sifat yang selalu patuh. Jadi Bibel salah dalam hal ini. Mereka berkata bahwa Iblis adalah malaikat yang terjatuh. Jadi Bibel berkata bahwa jika seorang malaikat  memutuskan untuk menentang perintah atau kehendak Tuhan maka Tuhan mencabut derajat malaikat itu dari barisan malaikat dan sekarang dia menjadi "malaikat jatuh." Itulah yang dikatakan Bibel atau yang mereka percayai. Umat muslim tidak percaya hal ini. Tidak ada satupun malaikat yang bisa menentang kehendak Allah Azza wa Jalla.

Jadi inilah kenapa Iblis bisa membangkang kepada Allah subhanahu wata'ala karena dia bukan dari golongan malaikat. Dan ada satu hal disini, kenapa Iblis mulai membangkang kepada Allah? Kalian harus memahami sepenuhnya tentang penciptaan Adam 'alaihissalam. Tiba-tiba Allah mewahyukan kepada para malaikat dan Dia berfirman, "Aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Dan ketika Allah berfirman begitu, Iblis menjadi sangat bahagia. Dia sangat bahagia karena Iblis tahu bahwa para malaikat tidak diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi. Jika ada mahluk yang akan menjadi khalifah, itu adalah bangsa jin. Jadi sekarang mungkin Allah akan menjadikan khalifah dari bangsa jin.

Tapi keputusan Allah adalah dia tidak ingin menjadikan khalifah dari bangsa jin. Keputusan-Nya sekarang adalah Dia akan menciptakan mahluk baru. Dan hal ini membuat Iblis terkejut. Karena Iblis menyembah Allah untuk sekian lama dan dia menjadi begitu baik karena dia menginginkan kekuasaan, dia menginginkan kehormatan, dia ingin menjadi penguasa di bumi. Dia ingin kembali ke bumi dan mungkin dia akan dikirim sebagai nabi atau dia akan dikirim membawa perintah baru dari Tuhan di muka bumi atau dia akan mengepalai bangsa jin di bumi. Ada sesuatu yang indah yang diharapkan oleh Iblis. Sesuatu yang membuatnya begitu berharap dan semua harapan itu sudah pupus sekarang karena adanya mahluk baru ini yaitu manusia.

Semoga bermanfaat
Sumber: lihat disini
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*


Baca Juga:


Komentar

Postingan Populer