Saat Suami Marah



Setiap orang pasti bisa marah, begitu pula setiap suami pasti pernah marah. Akan tetapi coba lihat bagaimana keadaanmu ketika suami sedang marah.

Bersegeralah mendapatkan keridhaannya
"Wanita manapun yang meninggal dunia sementara suaminya ridha padanya, maka dia akan masuk surga." (HR. Tirmidzi)
Ingatlah hal ini, agar engkau bisa melaksanakan apa yang akan saya katakan kepadamu dan bersabar dalam melaksanakannya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati
Upayakan untuk bisa memenuhi keinginannya, melaksanakan hak-haknya, memenuhi kebutuhannya, serta menjauhi semaksimal mungkin hal-hal yang dapat membuatnya marah.

Minta maaflah jika bersalah
Jika engkau melakukan kesalahan, mintalah maaf kepadanya dan berusahalah menyampaikan alasan-alasan yang bisa diterima diiringi dengan perasaan bersalah dan menyesal.

Jangan  masuk kepada perdebatan yang bisa mengakibatkan pertengkaran
Jangan membuatnya terdiam seribu bahasa dan jangan pula mengatakan bahwa pengabdianmu terhadap haknya akibat dari pengabaiannya terhadap hakmu atau pengabaianmu terhadap haknya belum seberapa jika dibandingkan dengan pengabaiannya terhadap hakmu.

Perbanyaklah doa kebaikan untuknyaa
Di sela-sela permintaan maafmu, sisipkan doa: "Semoga Allah subhanahu wata'ala memberi petunjuk," atau, "Semoga Allah subhanahu wata'ala memberikan kebahagiaan kepadamu," atau, "Aku memohon kepada Allah subhanahu wata'ala agar Dia mengampuni kesalahanmu dan memberikan pahala atas kesabaranmu."

Pujilah atas keberhasilan yang diraihnya, baguskan pakaianmu, rapikan tempat tidurmu, sambutlah, mendekatlah dan ulurkan tanganmu kepadanya.

Berjanjilah kepadanya untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah engkau lakukan.

Ubahlah posisimu. Jika kemarahannya tidak berkurang, menjauhlah dari tempat diskusi hingga kemarahannya mereda. Setelah itu dekatilah dia dan ciumlah kepalanya.

Perbanyaklah membaca istighfar
 

Sumber: Buku "Bunga-bunga Istri Tercinta" (Nashir Asy-Syafi'i)

Semoga bermanfaat
By: Aina Azzahrah
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*



Baca Juga:


Komentar

Postingan Populer