Keutamaan Bulan Dzulhijjah



Bila kita berada di taman yang indah, terlihat bunga-bunga yang berearan, tumbuhannya yang hijau rasanya hati kita senang sekali. Indahnya berada di sebuah taman yang indah, namun yang tak kalah indahnya adalah bulan dzulhijjah. Bulan dzulhijjah juga merupakan bulan yang indah bagi orang-orang yang ada di dalam hatinya iman dan islam dan bagi orang-orang yang menginginkan kehidupan akhirat.

Apa keindahan bulan dzulhijjah? Tentu keindahan yang dimaksud disini adalah indahnya dan lezatnya beribadah kepada Allah subhanahu wata'ala.
KEINDAHAN PERTAMA
Allah menjadikan bulan dzulhijjah sebagai bulan haram. Dan bulan haram adalah bulan yang harus kita hormati. Allah subhanahu wata'ala berfirman:"Sesungguhnya jumlah bulan ketika Allah menciptakan langit dan bumi adalah 12 bulan, diantaranya bulan-bulan haram. Itulah agama Allah yang lurus. Jangan kalian menzhalimi diri kalian di bulan-bulan tersebut. (Qs. At-Taubah:36)

4 bulan haram itu adalah Dzul'qadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Dan bulan Dzulhijjah termasuk bulan Haram. Perbuatan zhalim di bulan ini adalah sangat dilipatgandakan dosanya oleh Allah subhanahuwata'ala. Demikian pula perbuatan amalan shalih dilipatgandakan oleh Allah.

KEINDAHAN KEDUA
Terlebih di awal Dzulhijjah (10 hari pertama), ini adalah hari yang paling utama untuk beramal shalih melebihi amalan di bulan Ramadhan. Allah berfirman: "Demi waktu fajar dan demi sepuluh malam." (Qs. Al-Fajr:1-2). Kebanyakan ulama tafsir berkata,"10 malam yang dimaksud adalah 10 awal bulan Dzulhijjah". 

Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam juga mengabarakan: "Tidak ada hari-hari yang amalan shalih lebih dicintai oleh Allah kecuali di 10 awal bulan Dzulhijjah." (HR. Al-Bukhari n0926,Abu Dawud no 2438, at-Tirmidzi no 757, dan Ibnu Majah no 1727 dan ini lafazh Abu Dawud dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu)

KEINDAHAN KETIGA
Disana ada ibadah yang agung yaitu ibadah haji ke Baitullah. Anda pernah berhaji? Siapapun yang pernah berhaji dia akan merasakan betapa syahdunya dan nikmatnya ketika berhaji, disaat wuquf di arafah, disaat melempar jumrah dan disaat bermalam di Muzdalifah sebuah kenangan-kenangan yang indah di saat kita berhaji. Dan itu merupakan amalan yang agung di sisi Allah dimana dia adalah merupakan salah satu dari rukun islam yang ke-5.

KEINDAHAN KEEMPAT
Disana ada ibadah bagi mereka yang tidak haji yaitu berqurban dan berpuasa di tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Maka pada hari itu kesemptan emas untuk kita beramal shalih. Dengan berpuasa pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah kita bisa digugurkan dosa kita satu tahun yang laludan satu tahun yang akan datang, kata Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Kemudian juga beramal ibadah qurban dimana kita menyembelih hewan qurban. Allah berfirman:
"Tidak akan sampai kepada Allah darah dan tidak pula dagingnya,akan tetapi yang sampai kepada Allah adalah ketaqwaan di antara kalian. (Qs. Al-Hajj:37)

KEINDAHAN KELIMA
Disana ada ayyamut tasyriq yang disebutkan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam sebagai ayyamu aklin wa syurbin (hari makan dan minum). Allah berfirman: "Berdzikirlah kalian kepada Allah di hari-hari yang telah ditentukan yaitu dihari-hari Tasyriq." Qs. Al-Baqarah:203

Disitu Allah menyebutkan di hari-hari Tasyriq kita disuruh banyak berdzikir kepada Allah. Sementara mereka yang berhaji melontar jumrah selama 3 hari (11,12,13), melontar jumrah Ula, Wustha dan 'Aqabah. Subehanallah, itu adalah hari-hari yang penuh dengan ibadah. Terasa indah bagi mereka yang beriman kepada Allah dan kehidupan akhirat. Karena itulah mari kita songsong bulan Dzulhijjah dengan penuh kebaikan dan kegembiraan.

Allah berfirman, "Katakan dengan karunia Allah dan rahmat-Nya hendaknya mereka bergembira, itu lebih baik dari pada apa yang mereka kumpulkan dari kehidupan dunia." (Qs.Yunus:58). Disini Allah menyuruh kita bergembira dengan apa? Dengan nikmat hidayah dan dengan nikkmat iman. Itu rahmat haqiqi yang Allah berikan. Lalu Allah mengatakan "itu lebih baik dari pada apa yang mereka kumpulkan dari pada kehidupan dunia." Maka kita bergembira dengan datangnya bulan Dzulhijjah. Kenapa? Karena ini kesempatan emas kita mendulang pahala yang besar dan mendapatkan ampunan dari Allah.

Semoga kita diberi kekuatan untuk senantiasa beramal shalih di hari-hari itu.

Oleh: Ustadz Abu Yahya Badrussalam

Semoga Bermanfaat yah
By: Aina Azzahrah wanita si cahaya mata
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh





Komentar

Postingan Populer