Kenapa Yoga Dilarang? Dr. Zakir Naik


Pertanyaan:
Selamat malam Dr. Zakir Naik. Namaku adalah..... Aku seorang pelajar dan pertanyaanku adalah beberapa tahun yang lalu, Lembaga Fatwa Malaysia melarang muslim melakukan yoga. Mereka berkata bahwa ini bertentangan dengan Islam. Apakah itu benar berdasarkan Al-Qur'an? Terimakasih

Jawaban Oleh Dr. Zakir Naik
Saudara ini bertanya bahwa Lembaga Fatwa Malaysia melarang ummat muslim melakukan yoga karena ini bertentangan dengan Islam. Saudara ini bertanya apakah hal ini bertentangan dengan Al-Qur'an. 

Saudara yoga adalah jenis olahraga yang berasal dari berbagai tempat, termasuk dari kitab wedha. Dan dalam yoga kau kemungkinan harus mengatakan hal-hal seperti..., Aku bukan ahli dalam yoga, tapi aku sadar dalam yoga kau harus mengatakan hal-hal seperti  "oooom" dan mengatakan kata-kata tertentu. Semua hal ini bisa mengarahkan ke syirik. Ini kemungkinan mengarah ke syirik itu artinya kau menyebut mahluk lain sebagai pencipta selain Allah subhanahu wata'ala.

Dalam Islam, seperti yang kusebutkan dalam ceramahku, menurut Qs. An-Nisa:48 dan Qs. An-Nisa :116, "Allah akan mengampuni dosa apapun kecuali dosa syirik. Dia tidak akan mengampuninya. Syirik adalah menyekutukan Tuhan. Jadi jika kau menyekutukan Tuhan dengan mahluk lain. Jadi hal ini seringkali mengarah kepada syirik. Jadi aku setuju dengan Lembaga Fatwa Malaysia bahwa mereka melarang  muslim melakukan yoga.

Sumber: youtube LampuIslam

Semoga bermanfaat
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*

Komentar

Postingan Populer