Hari Tasyriq



Kaum muslimin dan musliat rahimani wa rahimakumullah.
Tiga hari setelah hari Nahr (hari Idul Adha) disebut hari-hari Tasyriq, maka hari-hari Tasyriq adalah tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah. Perlu diketahui, tasyriq dalam bahasa arab maknanya adalah "menjemur".

Hari-hari ini(11,12, dan 13) disebut hari tasyriq karena di masa silam di tiga hari ini orang sibuk menjemur daging-daging qurban. Karena daging hewan qurban itu surplus (berlimpah) maka perlu diawetkan maka kemudian orang mengawetkannya dengan cara membuatnya menjadi dendeng dengan dijemur di terik matahari. Karena itulah kegiatan selama di hari-hari ini disebut hari tasyriq.

Namun, meskipun saat ini kita sudah tidak lagi mendendeng daging pada tanggal-tanggal tersebut tetapi tetap saja tanggal 11, 12 dan 13 disebut hari tasyriq. Berkaitan dengan hari tasyriq, nabi Shallallahu'alaihi wasallam katakan bahwasanya "Hai-hari tasyriq adalalh hari-hari untuk makan dan minum dan banyak-banyak mengingat Allah subhanahu wata'ala." HR. Muslim dari sahabat Nubaisyah Al-Hudzali radhiyallahu'anhu

Oleh karenanya di hari-hari ini (11,12 dan 13) seorang muslim di larang untuk berpuasa, dilarang untuk mengerjakan puasa sunnah. Dan siapa yang nekat untuk melaksanakan puasa sunnah di tigahari ini maka puasanya adalah puasa yang tidak sah, tidak bermanfaat dan tidak ada nilainya karena melakukan ibadah yang dilarang oleh Nabi shallallahu'alaihi wasallam. Namun hari-hari ini adalah hari-hari yang nabi shallallahu'alaihi wasallam katakan sebagai hari dzikirin (banyak-banyak mengingat Allah subhanahu wata'ala).

Maka hari-hari ini hendaknya kita isi dengan memperbanyak kegiatan berdzikir (mengingat) Allah subhanahu wata'ala dengan ucapan kalimat-kalimat takbir. Diantaranya adalah kalimat takbir yang kita pakai ketika kita menyembelih hewan qurban. Karena ketika kita menyembelih hewan qurban dan waktu pelaksanaannya sampai akhir hari tasyriq dituntunkan kita untuk mengucapkan" bismillah, Allahuakbar", maka inilah amal yang perlu kita ketahui ketika berada di hari-hari tasyriq.

Mudah-mudahan sedikit penjelasan tentang masalah tasyriq ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita sekalian.

Oleh: Ustadz Aris Munandar
Sumber: Serial haji dan qurban 19 hari tasyriq\Yufid TV

Semoga bermanfaat
By: Aina Azzahrah wanita sicahaya mata
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh



Baca Juga:
keutamaan-bulan-dzulhijjah
benarakah-rasulullah-menikahi-aisyah
penjelasan-dr-zakir-naik-tentang-isbal
kakek-rasulullah-shallallahualaihi.
malaikat-jibril-adalah-panglima-perang Badar
kisah-malaikat-jibril


Komentar

Postingan Populer