Riya oleh Ustadz Abdullah Roy



Riya' adalah seorang mengamalkan sebuah ibadah bukan karena ingin pahala dari Allah, akan tetapi ingin dililhat manusia dan dipuji. Riya hukumnya haram dan dia termasuk syirik kecil yang samar yang tidak mengeluarkan seseorang dari islam. 

Riya' adalah diantara sebab tidak diterimanya amal ibadah seseorang, bagaimanapun besar amalan tersebut. Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Allah berkata: Aku adalah dzat yang paling tidak butuh dengan syirik. Barangsiapa yang mengamalkan sebuah amalan dia menyekutukan Aku bersama yang lain di dalam amalan tersebut maka Aku akan meninggalkannya dan juga kesyirikannya." (HR. Muslim)

Sebagian ulama berpendapat bahwa syirik yang kecil tidak ada harapan untuk diampuni oleh Allah,artinya dia harus diadzab supaya bersih dari dosa riya' tersebut.

Berbeda dengan dosa besar yang ada di bawah kehendak Allah, yang kalau Allah menghendaki maka akan diampuni langsung dan kalau Allah menghendaki maka akan diadzab. Mereka berdalil dengan keumuman ayat: "Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa yang lain bagi siapa yang dikehendaki." Qs. An-nisa :48

Tahukah kita siapa orang yang pertama kali nanti akan dinyalakan api neraka dengan mereka? mereka bukanlah preman-preman di jalan atau pembunuh yang kejam tapi mereka justru adalah orang-orang yang beramal saleh. Mereka adalah orang yang mengajarkan AL-Qur'an supaya dikatakan sebagai seorang qari', seorang yang suka membaca, seorang yang mahir membaca. Dan juga orang yang berinfak supaya dikatakan dermawan dan berjihad supaya dikatakan seorang pemberani. Beramal bukan karena Allah. 

Sebagaimana hal ini dikabarkan oleh Nabi Shallallahu'alaihi wasallam dalam hadits shahih. Oleh karena itu saudara sekalian ikhlaslah di dalam beramal dan ikhlash adalah barang yang sangat berharga. para salaf kita, merekapun merasakan beratnya memperbaiki hati mereka. Dan hanya kepada Allah kita meminta keikhlasan di dalam beramal, menjauhkan riya', sum'ah, ujub dan berbagai penyakit hati. Dan marilah kita biasakan untuk menyembunyikan amal kita kecuali kalau memang ada maslahat yang lebih kuat.

Semoga bermanfaat yah ^^ 
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.....
By: Aina Azzahrah




Komentar

Postingan Populer